FKIP UAP

Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan mutu akademik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Aisyah Pringsewu melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran pada Rabu, 17 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menelaah efektivitas proses pembelajaran yang telah berlangsung selama semester genap tahun akademik 2023/2024.

kegiatan ini menghadirkan Dekan, UPM dan seluruh Ketua Program Studi dan GPM dari tiga program studi, yaitu Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani. Tak ketinggalan, seluruh dosen FKIP juga turut berpartisipasi aktif dalam forum ini.

Kegiatan Monev dibuka dengan penyampaian laporan umum terkait pencapaian akademik, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan umpan balik antar dosen. Setiap program studi menyampaikan data realisasi pembelajaran, pelaksanaan evaluasi, hingga tantangan yang dihadapi selama proses perkuliahan.

Kegiatan ini merupakan upaya strategis untuk menjaga akuntabilitas akademik dan memastikan pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai standar nasional pendidikan tinggi. Selain itu, forum ini juga menjadi ruang reflektif untuk saling belajar, memperbaiki, dan memperkuat sinergi antar civitas akademika.

Hasil diskusi dan laporan monitoring menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar proses pembelajaran berjalan baik, beberapa catatan penting tetap perlu menjadi perhatian untuk perbaikan ke depan.

Poin-poin evaluatif yang diharapkan dapat ditindaklanjuti antara lain : Peningkatan pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi yang tidak hanya difokuskan pada platform daring, tetapi juga pada pendekatan digital yang inovatif dan penerapan strategi diferensiasi pembelajaran, yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa agar proses belajar lebih inklusif dan responsif serta perbaikan dokumentasi akademik, termasuk pemutakhiran RPS dan instrumen penilaian yang lebih terstruktur dan mudah dievaluasi.

Melalui kegiatan ini, FKIP Universitas Aisyah Pringsewu menunjukkan keseriusannya dalam menjadikan evaluasi bukan sekadar laporan rutin, tetapi sebagai bagian dari proses pembelajaran institusional yang dinamis, reflektif, dan terus bergerak maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *